Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perubahan Wujud Benda (Mengembun) dan Kreasi Membuat Undangan Bermotif Seni Lukis Daerah

Assalamualaikum wr.wb
Salam sehat semuanya. Pada kegiatan pembelajaran kali ini, kita akan mendiskusikan tentang membuat undangan setengah resmi bergambar motif seni lukis daerah. Juga akan melakukan percobaan proses terjadinya pengembunan.



Kemarin, kalian telah belajar membuat surat undangan resmi yang sudaj dikerjakan dengan baik.  Kali ini, kita akan membuat sebuah surat undangan yang dipadukan dengan motif seni lukis daerah.  
Bagaimana hasilnya? 

Mengingatkan kembali bahwa dalam rangka mengisi kemerdekaan RI dapat kita lakukan dengan berbagai hal yang positif. Mengisi waktu dengan cara berlatih dan mengasah kreativitas dan keterampilan adalah salah satunya. Keterampilan yang didukung dengan kreativitas akan mampu menghasilkan karya atau produk-produk yang berkualitas, indah, dan berguna. Di sinilah kita akan berkreasi.

Kedua keterampilan ini, yakni keterampilan menulis surat undangan dan keterampilan melukis, jika dipadukan, akan menjadi sebuah karya yang indah  dan menarik. Untuk  memadukan  kedua keterampilan  ini,  dibutuhkan kreativitas dan ketekunan yang baik.

Ayo Sekarang Mencoba!
Buatlah surat undangan setengah resmi dengan dihiasi lukisan daerah. Tema surat undangan yang dapat kamu pilih antara lain sebagai berikut. 
1.  Pertunjukan kesenian 
2.  Pentas seni 
3.  Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia 
4.  Perlombaan olahraga 
5.  Kerja bakti

Kemudian, tahukah kalian! 
Pernahkah kamu mengalami peristiwa berikut ini?  Pada saat meminum air es, kamu akan menjumpai adanya titik-titik air di dinding tempat air es tersebut.  Tahukah kamu bahwa titik-titik air tersebut terjadi karena adanya peristiwa pengembunan udara yang berada di sekitar tempat es tersebut?

Udara mengalami peristiwa pengembunan karena udara di sekeliling gelas atau plastik melepaskan kalor atau panas kepada es di dalam wadahnya. Hal  tersebut  karena  suhu  udara  di  luar  gelas  atau  plastik  lebih  besar  atau tinggi dibandingkan dengan suhu es dalam gelas atau plastik. Peristiwa pengembunan lain yang sering kita jumpai, yaitu ketika pada pagi hari, kita melihat ada titik-titik air di dedaunan. Sekitar rumah kita pun basah. Air sering menetes dari atas genting. Titik-titik air tersebut merupakan embun yang berasal dari uap air yang mengembun menjadi titik-titik air.

Kesimpulan: 




Berbagai peristiwa telah kita alami. Peristiwa-peristiwa tersebut menjadi sebuah  pengalaman  bagi  kita.  Entah  itu  menyenangkan  ataupun  yang  tidak menyenangkan. Orang bijak berkata bahwa “Orang yang beruntung adalah orang yang belajar dari pengalaman”. Kemukakanlah satu peristiwa atau pengalaman  yang  pernah  kamu  alami  dan  sebutkan  pelajaran  apa  yang  dapat kamu ambil dari peristiwa tersebut!


Sumber Belajar: Buku Siswa K13. Halaman 191-195

Penulis : Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti. 

Penelaah : Bambang Prihadi, Elindra Yetti, Erlina Wiyanarti, Rahmat, Suharji, Suharsono, Vicentia Irene M., dan Widia Pekerti. 

Pe-review : Edi Waluyo 

Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud


Membangun Karakter Berbasis Kearifan Lokal, di sini




Terima kasih, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Perubahan Wujud Benda (Mengembun) dan Kreasi Membuat Undangan Bermotif Seni Lukis Daerah"