Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karyaku, Prestasiku: Kegiatan Literasi, Menentukan Unsur Intrinsik Cerita

Assalamualaikum wr.wb.
Selamat pagi dan sehat semuanya. Kali ini kita akan berkegiatan literasi. Tentu kalian sudah terbiasa dengan kegiatan literasi di kelas. Nah, pada pembelajaran 1 subtema 4 tema 7 ini, diharapkan kalian bisa menentukan unsur intrinsik cerita. Silakan disimak videonya.

Pada kesempatan ini disajikan cerita menarik sesuai dengan aktivitas literasi di buku siswa. 
Perhatikan sajian materi berikut.




Perbedaan Itu Indah 
Sebagai bangsa yang terdiri atas  beraneka ragam suku  dan sosial budaya, kita harus  bangga.  Semua  suku  bangsa  yang ada  di  Indonesia mempunyai  budaya yang beragam yang menjadi ciri dari suku bangsa masing-masing. Keragaman budaya tersebut menjadi penyusun kerangka persatuan dan kesatuan bangsa. Keragaman yang terbentuk dari perbedaan tersebut memperkaya dan memperindah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kemudian, perhatikan saksama dan bacalah cerita berikut ya.
Setelah membaca cerita di atas, Temukan kosakata baru dari bacaan di atas. Carilah arti dari kosakata tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata-kosakata tersebut. Tulislah pada kolom di bawah ini!
Pelangi adalah gambaran sebuah masyarakat. Perbedaan selalu ada. Perbedaan yang ada janganlah menjadi penghalang untuk menjalin persatuan dengan anggota masyarakat yang lain. Apa, sih, arti penting persatuan?
................................................................................................................................ ................................................................................................................................ ................................................................................................................................ 

Dari  cerita  pelangi,  tentunya  kamu  dapat  mengambil  beberapa  hikmah mengenai  pentingnya  persatuan  dalam  keragaman.  Tuliskan  hikmah  yang dapat diambil dari cerita “Pelajaran Pelangi”. ................................................................................................................................ ................................................................................................................................ ................................................................................................................................


 


Sumber Belajar: Buku Siswa K13. Halaman 204-206

Penulis : Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti. 

Penelaah : Bambang Prihadi, Elindra Yetti, Erlina Wiyanarti, Rahmat, Suharji, Suharsono, Vicentia Irene M., dan Widia Pekerti. 

Pe-review : Edi Waluyo 

Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Menghargai Jasa Para Pahlawan

Membangun Karakter Berbasis Kearifan Lokal, di sini







Terima kasih, semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Karyaku, Prestasiku: Kegiatan Literasi, Menentukan Unsur Intrinsik Cerita"