Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Info Ditjen GTK: Segera Isi Survey Kesiapan Bersekolah Bagi Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Orangtua

Sekolah Kita-Segera Isi Survey Kesiapan Bersekolah Bagi Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Orangtua adalah informasi yang akan disampaikan kepada para pemangku kepentingan. Yakni, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Orangtua untuk segera mengisi survei kesiapan bersekolah. Survey Kesiapan Bersekolah Bagi Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Orangtua ini dirilis oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbudristek.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: https://s.id/surveikesiapanbersekolah


Tujuan Survey Kesiapan Bersekolah

Adapun Survey Kesiapan Bersekolah Bagi Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Orangtua ini bertujuan untuk mengetahui dan mengumpulkan data tentang tingkat pemahaman dan implementasi Kesiapan Bersekolah. Sedangkan para responden yang diharapkan mengisi Survei Kesiapan sekolah ini meliputi: 

  1. Guru PAUD, 
  2. Guru SD Kelas 1 dan 2, 
  3. Kepala PAUD, 
  4. Kepala SD, 
  5. Pengawas/ Penilik PAUD, 
  6. Pengawas SD, 
  7. Orang Tua Siswa PAUD, dan 
  8. Orang Tua Siswa SD Kelas 1 dan 2.


Waktu Mengisi Survey Kesiapan Bersekolah Bagi Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Orangtua

Perlu diperhatikan bahwa ketika mengisi Survei Kesiapan Bersekolah, akan dibatasi oleh waktu. Bahwa Direktorat Guru Pendidikan Dasar, Ditjen GTK Kemdikbudristek memberikan batas waktu mengisi survey, yaitu dimulai tanggal 30 Mei 2022 sampai dengan 13 Juni 2022 ini.

Data survey yang terekam sebagai hasil Survei Kesiapan Bersekolah akan menjadi salah satu dasar pertimbangan dalam merancang program terkait. Yakni program sekolah di PAUD dan SD Kelas rendah sebagai masa masa transisi dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) dengan baik dan lancar.


Cara Mengisi Survey Kesiapan Bersekolah Bagi Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Orangtua

Perhatikan cara mengisi Instrumen Survei Kesiapan Bersekolah ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Segera kunjungi laman resmi Survei Kesiapan Bersekolah dengan cara klik tautan: https://s.id/surveikesiapanbersekolah
  2. Silakan pilih kategori sebagai pengisi survei. Jika kita adalah guru, maka klik bagian tombol Guru. Tujuannya agar membuka tautan pada beranda baru. Kemudian, segera isi kolom identitas responden sesuai dengan perannya. Jika sebagai KS atau Pengawas, maka isilah sesuai dengan perannya tersebut.
  3. Perhatikan untuk bagian Data Umum, silakan isi  dengan E-mail aktif responden. Data isian meliputi: Provinsi, Kabupaten/ Kota, Kecamatan. Serta isian lainnya supaya dilengkapi.
  4. Kemudian untuk Identitas Responden, silahkan mengisi data yang tersedia: yaitu: Nama Responden, Tingkat Pendidikan Terakhir, Latar Belakang Pendidikan, Lama Bertugas, Jenis Kelamin Responden, NIP/ NUPTK/ NIY/ NIK, Status Kepegawaian, Jenis Satuan, NPSN, Nama Satuan PAUD/SD, Alamat Sekolah. Lalu, klik berikutnya.
  5. Pada data Instrumen Kesiapan Guru, Silakan responden memilih dan menjawab 7 pertanyaan yang disajikan. Responden dapat memilih lebih dari 1 jawaban dari setiap pertanyaan. 
  6. Lalu, silahkan klik tombol berikutnya, untuk menuju Instrumen Kesiapan Anak 1.
  7. Perhatikan instrumen Kesiapan Anak 1, 2, 3, 4, dan 5. Terdapat beberapa hal penting perlu disiapkan terlebih dahulu. Yaitu: 5 data anak yang berusia 5-6 tahun atau berusia 6-8 tahun di kelasnya meliputi Nama dan NISN.  Kemudian, menuju pada lembar pengisian Instrumen Kesiapan Anak dengan 12  pertanyaan. 
  8. Setelah selesai, silahkan klik tombol berikutnya.
  9. Terakhir, apabila seluruh instrumen di atas sudah diisi, pilih, dan atau jawab, maka sudah selesai. Semua jawaban akan terekam sebagai data yang akan dianalisis oleh Ditjen GTK Kemdikbudristek.


Isi Survey Kesiapan Bersekolah Bagi Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Orangtua

Silakan isi Survey Kesiapan Bersekolah sesuai dengan peran para sahabat, Klik Gambar di bawah ini sesuai dengan perannya:

Sumber Gambar Tangkapan Layar: https://s.id/surveikesiapanbersekolah


Informasi pendidikan dan sekolah lainnya, direkomendasikan ini:

Administrasi PAT 2022



Membangun Karakter Berbasis Kearifan Lokal, di sini


Dokumen Sekolah: RPP dan Perangkat Pembelajaran, UNDUH:


Demikian apa yang bisa disampaikan tentang Info Ditjen GTK: Segera Isi Survey Kesiapan Bersekolah Bagi Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Orangtua. Admin sekolah kita menguncapkan terima kasih atas atensinya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Info Ditjen GTK: Segera Isi Survey Kesiapan Bersekolah Bagi Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Orangtua"