Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menabung Untung Menabung Buntung

Sumber : janethes.com

Bing beng bang yuk kita ke bank
Bang Bing bung yuk kita nabung
Tang Ting tung hei jangan di hitung
Tau tau nanti kita dapat untung
Lagu jaman dulu yang viral di masanya. Memotivasi anak - anak supaya bisa menabung. Supaya mereka bisa belajar hemat. Supaya mereka bisa menyisihkan uang jajan mereka untuk di tabung. Pepatah mengatakan Hemat Pangkal Kaya.
Mengingat hal itu sayapun seorang guru memotivasi anak didik saya supaya belajar berhemat, Belajar menabung sejak dini.
Uang jajan yang diperoleh dari orang tua tidak di habiskan semua untuk jajan.
********************************************
Setiap hari Kamis petugas dari salah satu bank rutin datang ke sekolah untuk mengambil tabungan. Entah kenapa pada hari itu di kelas saya tidak ada satu siswa pun yang menabung sama sekali. Kekecewaan petugas bank terlintas di raut wajahnya karena pulang dengan tangan hampa.
Setelah petugas bank keluar, sosoknya sudah tak lagi tampak, Saya memberi pengarahan kepada anak didik untuk gemar menabung. Pengarahan saya :
" Anak - anak kenapa hari ini tidak ada satupun yang menabung ? "
" Yuks dari sekarang sisihkan uang jajan kalian untuk menabung. Kalian kan bawa uang saku minimal Rp 10.000, - bisa kan di sisihkan setengahnya. Soalnya ibu lihat kalian dari rumah sudah bawa bekal. "
" Kalau menabung, kalian kalau ingin sesuatu apa saja bisa beli dari uang tabungan kalian. Misalnya kalian ingin beli sepeda, kalian langsung bisa beli dari uang tabungan kalian, mau mainan, mau beli tas, apa saja kalian bisa penuhi tanpa meminta sama orang tua. Kalau kalian bisa beli sendiri barang - barang yang kalian inginkan kalian ada perasaan bangga, ada perasaan senang kalau kalian mampu bisa beli tanpa meminta ke orang tua. " 
Kemudian ada celoteh dari salah satu anak namanya Gita :
" Gak ah Bu ngapain nabung. Aku Bu kalau nabung uangnya selalu di ambil mama meskipun uangnya di simpan di celengan yang ada kuncinya ".
Kemudian si Memey juga nyeletuk :
" Iya Bu ngapain nabung, aku Bu kalau nabung meskipun uangnya di sembunyikan di balik buku supaya mama tidak tahu tetap saja ketahuan mama kemudian di ambil.
Pernah Bu mama tau - tau pulang dari belanja beli baju banyak, beli sepatu, beli macam - macam. Kataku dalam hati tumben mama belanja banyak katanya mama kemaren tidak punya uang. Aku penasaran tanya sama mama, pas mama jawab katanya mama belanja dari uang tabunganku. mama bilang anak kecil tidak boleh nyimpan uang banyak . Aku nangis Bu mama bilang seperti itu. Padahal uang itu aku tabung untuk beli sepeda.
Sama mama aku cuma di belikan kaos singlet. Sudah Bu aku sekarang kapo' tidak mau nabung lagi.Kalau di beri Tante, om,nenek aku buat jajan saja Bu di puas - puasin."
Kembali Gita nyeletuk lagi : 
" Iya Bu mama pernah ngambil tabunganku buat beli lipstik, skincare padahal celenganku sudah ada kuncinya tetap di ambil. "( Dengan raut muka sedih )
Saya hanya tersenyum mendengar jawaban mereka. Kemudian saya memberikan pengertian, Tidak apa - apa nak mama kalian ambil uang tabungan kalian kan selama ini kalian di rawat dan di besarkan sama mama kalian. Menyenangkan orang tua dapat pahala. Kalian tidak akan mampu membalas Budi kepada mama kalian. Allah akan senang kalau kalian menjadi anak yang Sholeh sholeha.Anak yang berbakti sama orang tua.''
Kemudian saya melanjutkan : 
"Ada loh nak tabungan yang tidak akan pernah hilang dan tidak akan habis, bahkan sampai di akhirat kalian akan terima balasannya. Tabungan apa itu ya...
Tabungan itu namanya tabungan akhirat yaitu shodaqoh. Kalau kalian gemar bershodaqoh Allah langsung yang akan menambah rizki kalian dan Kela' di akhirat Allah juga akan memberi balasannya.
Tabungan akhirat adalah tabungan yang akan kekal abadi, kalian tidak akan buntung malah akan untung. Janji Allah kalau kalian gemar bershodaqoh, harta kalian akan Allah ganti 10 kali lipat.
Yuks...kita rajin bershodaqoh yang akan menjadi tabungan kalian di akhirat. " 
Jadi ikhlaskan saja ya nak uang tabungannya buat mama kalian. karena surga kalian ada di mama kalian. Jangan sedih lagi ya karena uang tabungannya di pakai oleh mama kalian". Semangat....!!!

1 comment for "Menabung Untung Menabung Buntung"

Komentar/ informasi anda sangat kami butuhkan