Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal PH 8 Tematik Kelas 5 SD/ MI

Sahabat sekolahkita- bersama ini kita sajikan Contoh Soal PH 8 Tematik Kelas 5 SD/ MI. Harapannya, bisa belajar dan mengembangkan diri. Yuk, pelajari.

Jawablah Soal Berikut dengan Jawaban yang Tepat!

1.       Keragaman yang menunjukkan perbedaan warna kulit, menujukkan beragam dalam hal .... Tetapi tetap bersatu sebagai Bangsa Indonesia.

 

2.       Perbedaan budaya yang ada akan menciptakan rasa cinta tanah air, karena keanekaragam budaya adalah suatu kekayaan yang dimiliki suatu bangsa. Tidak hanya hasil tambang, komoditi ekspor yang mempengaruhi pendapatan negara. Faktor budaya juga menjadi daya tarik dan kekayaan yang bisa dimiliki suatu bangsa. Budaya mengajarkan kita akan nilai-nilai leluhur yang memiliki keunikan dan kegunaannya masing-masing. Ketika kita memandang bahwa keanekaragaman budaya adalah suatu kekayaan, maka dengan sendirinya kita akan berusaha menjaga kekayaan kita tersebut. Sehingga rasa nasionalisme, sikap memiliki dan menghargai kekayaan bangsa akan timbul di dalam diri.

Salah satu manfaat adanya keberagaman budaya di Indonesia ialah dapat menumbuhkan sikap ........

 

3.      Keanekaragaman budaya jangan dijadikan sebagai perbedaan, tetapi hendaknya dijadikan sebagai kekayaan bangsa Indonesia. Kita dapat menjadi bangsa yang mau dan mampu menghargai kekayaan yang kita miliki, yang berupa keanekaragaman kebudayaan tersebut. Sikap saling menghormati budaya perlu dikembangkan agar kebudayaan kita yang terkenal tinggi nilainya itu tetap lestari, tidak terkena arus yang datang dari luar. Melestarikan kebudayaan nasional harus didasari dengan rasa kesadaran yang tingi tanpa adanya paksaan dari siapapun.

Karena itu, pentingnya memahami keragaman sosial budaya dapat mempererat ..... dan ...... Negara kita.

4.       Tulislah satu kalimat yang menggambarkan tentang "bermain"!

 

…………………………………………………………………………………………………

 

5.      Urutan gambar yang benar (disajikan 4 gambar seri)  yaitu ......

 Di Kalimantan Tengah terdapat tradisi khusus yang dilakukan untuk orang yang sudah lama meninggal. Upacara Tiwah ini biasa dilakukan oleh suku Dayak untuk pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke sebuah rumah yang disebut Sandung. Ritual ini bertujuan untuk meluruskan perjalanan arwah menuju Lewu Tatau atau surga. Selain itu ritual unik ini juga bertujuan untuk melepaskan kesialan bagi keluarga yang sudah ditinggalkan.

6.      Berdasarkan paragraf di atas, tujuan ritual Sandung ialah ........

 

7.       Salah satu manfaat air bagi kehidupan manusia yaitu ........

8.       Salah satu manfaat air bagi kehidupan hewan yaitu ........

9.      Air laut mengalami proses evaporasi dan berubah menjadi uap air akibat adanya panas matahari. Uap air akan mengalami kondensasi dan membentuk awan. Awan yang terbentuk akan menjadi hujan di permukaan laut.

Buatlah bagan berdasarkan siklus air di atas ......

10.   Berdasarkan pengalamanmu di rumah, berikan satu contoh pencemaran lingkungan!

11.  Cara mencegah terjadinya banjir yaitu dengan ...... agar terjadi penyerapan air oleh akar pohon.

12.  Sebutkan 2 syarat air bersih!

13.   Usaha ulat sutra berasal dari bidang .......

14.  Bila kita hendak mendirikan industri besar, maka kita juga akan menggunakan ...... dalam jumlah yang besar pula agar bisa bekerja maksimal.

15.  CV merupakan salah satu jenis usaha yang dikelola secara ......

16.   Tangga nada untuk menggambarkan lagu dengan sedih atau lembu, merupakan tangga nada diatonis .......

17.  Dalam menyajikan sebuah tarian akan lebih lengkap bila diiringi dengan musik. Alat musik di atas bernama ......

18.  Yang dimaksud dengan cerita gambar ialah .......

Post a Comment for "Contoh Soal PH 8 Tematik Kelas 5 SD/ MI"