Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Sistem Aplikasi Verval GTK: Penerbitan NUPTK GTK Kemdikbud dan Kemenag

Sekolah kita-Cek Sistem Aplikasi Verval GTK Kemdikbud untuk memastikan GTK yang ada di sekolah tidak mengalami kesalahan data. Sebagaimana yang tertulis pada laman gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Verval bahwa Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan atau PDSPK merupakan salah satu Unit Kerja di bawah Sekjend, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ia bertanggung jawab dalam pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan pasal 798 pada Permendikbud No. 11 Tahun 2015. Permendikbud ini mengatur tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemdikbud.



Fungsi PDSPK

Tentu saja, dalam melaksanakan pengelolaan data, PDSPK memiliki fungsi strategis. Yaitu: melaksakan validasi dan integrasi data pendidikan dan kebudayaan: Misalnya, data sekolah, siswa, guru, kelas, dan ruang kelas. Selain itu juga mendata warisan budaya benda maupun tak benda. 

Penting sekali untuk memvalidkan semua data tersebut, maka dibuatlah sistem informasi verifikasi dan validasi data. Yakni: aplikasi Verifikasi dan Validasi data GTK.

Aplikasi Verval GTK

Aplikasi Verval GTK ini melibatkan ops, operator daerah (ops daerah) dan operator pusat. Kemudian, dalam aplikasi ini selain untuk melakukan verifikasi dan validasi data GTK. Selain itu juga memproses pengajuan, penerbitan dan atau penonaktifan NUPTK untuk GTK Kemendikbud dan GTK Kemenag.

Sistem aplikasi Verval GTK ini digunakan untuk memvalidkan/ memvalidasi data master GTK. Selain itu, juga untuk memproses penerbitan NUPTK. NUPTK akan diterbitkan, jika GTK yang bersangkutan sudah memenuhi persyaratan.

Aplikasi verval GTK lengkap dengan panduan operasional yang bisa diakses untuk dimanfaatkan dalam operasionalisasi aplikasi verval GTK. Silakan klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut.

Status NUPTK

Status NUPTK bagi Guru dan Tenaga kependidikan di lingkungan Kemendikbud/ Kemenag dapat ditelusuri berdasarkan nomor NUPTK GTK tersebut. Selengkapnya, dapat ditelusuri di sini.


Data GTK

Pada laman gtk kemdikbud, juga dapat ditemukan tampilan data-data GTK yang bersumber dari DAPODIK. Yakni, Dapodik yang dikelola oleh PDSPK dalam beberapa semester. Silakan mencoba untuk menelusuri data GTK di sini.


F A Q atau Tanya Jawab

Beberapa pertanyaan yang muncul, dapat menjadi acuan penyelesaian permasalahan yang mungkin didjumpai oleh Ops. Salah satu pertanyaan yang ada, seperti berikut.

Tanya (1):

Sesuai surat edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Sekjen Kemdikbud, yaitu No. 029/A/LL/2016 tanggal 7 Januari 2016, tentang Penunjukan Penanggungjawab Pengelolaan Verval Data GTK dan NUPTK, apabila pengelola verval GTK sudah terdaftar, haruskah mendaftar kembali di www.sdm.data.kemdikbud.go.id ?

Jawab :

Operator sekolah (OPS) dan operator Dinas Pendidikan Kab/ Kota yang sudah terdaftar di www.sdm.data.kemdikbud.go.id tidak perlu melakukan registrasi ulang agar dapat melakukan operasional verval GTK, namun apabila oleh pimpinan ditunjuk operator yang lain untuk operasional vervalGTK maka operator yang ditunjuk harus registrasi baru dengan melampirkan SK Penugasan pengelolaan vervalGTK.

Sumber artikel dan data: http://gtk.data.kemdikbud.go.id


Selanjutny bagi para sahabat guru dan ops yang memerlukan data terkati dengan penerbitan NUPTK GTK Kemdikbu dan Kemenag, Silakan mempelajarinya di Sistem Aplikasi Verval GTK.


Informasi pendidikan dan sekolah lainnya, direkomendasikan ini:

Survey Kesiapan Bersekolah Bagi Pengawas, KS, Guru PAUD - SD

Administrasi PAT 2022


Membangun Karakter Berbasis Kearifan Lokal, di sini


RPP dan Perangkat Pembelajaran, UNDUH:


Demikian apa yang bisa disampaikan tentang Cek Sistem Aplikasi Verval GTK: Penerbitan NUPTK GTK Kemdikbud dan Kemenag. Admin sekolah kita menguncapkan terima kasih atas atensinya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cek Sistem Aplikasi Verval GTK: Penerbitan NUPTK GTK Kemdikbud dan Kemenag"