Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Raya Ketupat Bersama Teman

Hari Raya Ketupat Bersama Teman
Faridatul Amaniyah
Guru SDN Gapura Barat 1
 

Hari Raya Ketupat atau Tellasan Topa' merupakan tradisi orang Madura yang dilaksanakan seminggu setelah Hari Raya Iedul Fithri. Biasanya masyarakat berbondong-bondong merayakannya dengan berbagai cara sesuai keinginan mereka. Mulai dari menggelar acara doa bersama, pergi ke tempat wisata bersama keluarga, maupun menggelar tikar di rumah dan memanggil tetangga untuk sekedar makan-makan ketupat bersama.

Satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari momen Hari Raya Ketupat adalah tradisi ter-ater atau saling mengantarkan makanan kepada para tetangga dengan bahan dasar ketupat. Bermacam-macam olahan makanan mulai dari soto, bakso, kaldo, campor, opor7 ayam disajikan pada momen tellasan topa'.

Pada kesempatan tellasan topa' kali ini, murid-murid kelas 1 SDN Gapura Barat I merayakannya di sekolah dengan makan topa' bersama di dalam kelas karena bertepatan dengan masuk sekolah. Hal ini untuk menyenangkan anak-anak karena tidak bisa merayakan tellasan topa' dengan keluarga di rumah.

 

 

Bermacam-macam menu yang dibawa oleh anak mulai dari ayam goreng, sosis goreng, opor ayam, mie goreng, telur ceplok dan juga telur dadar. Mereka makan bersama setelah membaca Shalawat Nariyah dan doa sebelum makan. 


Farida
Farida Guru SDN Gapura Barat I

Post a Comment for "Hari Raya Ketupat Bersama Teman"