Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Ini Ujian Sekolah

Hari Ini Ujian Sekolah

UJIAN Nasional bagi siswa SD/MI telah diubah menjadi Ujian Sekolah. Hari ini hingga dua hari mendatang berlangsung  di seluruh pelosok tanah air Indonesia. 

 

Perubahan yang terjadi  adalah muara pro-kontra menahun tetang Ujian Nasional (UN). Peserta Ujian Sekolah (US) berasal dari sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (SD/MI) mengerjakan soal hasil koordinasi  tingkat provinsi.
Mata pelajaran yang diujikan sama dengan UN masa silam hasil rancangan Kementerian Pendidikan dan Keudayaan yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.  Lulus atau tidak peserta ditentukan pihak sekolah yang bersangkutan.
Kementerian menitipkan 25 persen soal yang harus diujikan. Kita memahami kebijakannya penting  sehingga tak boleh diabaikan pihak sekolah.
Meluluskan  100 persen peserta bukanlah jaminan siswa mampu mengikuti jenjang pendidikan lanjutan.
Seleksi masuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasyah Tsanawiyah (SMP/MTs) pilihan selain harus lewat kompetisi nilai hasil US juga diperkuat hasil rekam jejak siswa yang tercantum pada buku rapor.
Faktor terakhir disebut kita khawatirkan menjadi sumber perdebatan baru melibatkan orangtua calon siswa dengan pihak sekolah lanjutan. Menghindari prasangka, butuh standar yang dapat diterima semua pihak.
 US hanyalah bagian dari tahapan dasar dalam proses pendidikan formal. Ke depan, lebih penting daripada itu adalah campur-tangan negara mengawal kelangsungan pendidikan setiap putra-putri usia belia itu hingga menjadi insan cerdas bermartabat dan berguna bagi diri serta sesama.
Hari ini SDN Pajagalan II Kecamatan Kota Sumenep menyelenggarakan Ujian Sekolah yang diikuti oleh 87 siswa yang terbagi ke dalam 5 ruang kelas. Pengawas ruang ujian sekolah di silang intern gugus I Kecamatan Kota Sumenep.
Pelaksanaan US kali ini diharapkan dapat berjalan dengan aman lancar dan tertib serta endingnya dapat lulus dengan predikat memuaskan.




Post a Comment for "Hari Ini Ujian Sekolah"