Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puspeka Kemdikbud: Segera Ikuti Lomba Nasional Mewarnai (PAUD-SD) dan Kreasi Post Story Intagram (SMP-Perguruan Tinggi)

Sekolah Kita - Puspeka Kemdikbud: Segera Ikuti Lomba Nasional Mewarnai (PAUD-SD) dan Kreasi Post Story Intagram (SMP-Perguruan Tinggi). Ini adalah kabar baik bagi siswa PAUD-SD, SMP, SMA/ SMK, Perguruan Tinggi dan Masayarakat umum. Bahwa saat bertepatan dengan peringatan Hari Pancasila pada 1 Juni, Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemdikbudristek menggelar Aktivitas Kampanye Digital (Digital Campaign Activity).

Sumber Gambar Tangkapan Layar:https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/06/dorong-generasi-muda-bangga-punya-pancasila-puspeka-kemendikbudristek-gelar-kampanye-digital


Tujuan Digital Campaign Activity

Nah, seperti yang dijelaskan pada laman kemdikbud.go.id tanggal 9 Juni lalu bahwa tujuan dari  Digital Campaign Activity ini bertujuan untuk menyebarluaskan nilai-nilai pendidikan karakter yang diharapkan mampu mendorong generasi muda bangga terhadap Pancasila. Sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila yang gencar digaungkan, Puspeka memilih medium yang dekat dengan pelajar dalam membangkitkan nilai-nilai luhur Pancasila di tengah generasi muda.

Puspeka Kemdikbud menilai bahwa Profil Pelajar Pancasila sangat penting diwujudkan. Sebab, dengan Pancasila dan mampu menerapkan nilai yang dikandungnya, berarti siswa dapat menampilkan perilaku terbaik dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya.

Profil Pelajar Pancasila

Dalam aktivitas kampanye ini diharapkan dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Seperti yang kita ketahui bahwa Profil Pelajar Pancasila memiliki enam nilai, yaitu:

(1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 

(2) berkebinekaan global, 

(3) gotong-royong, 

(4) mandiri, 

(5) bernalar kritis, dan 

(6) kreatif.

Bangga Pancasila

Melalui kegiatan ini diharapkan setiap generasi muda khususnya tidak hanya sekadar mengetahui apa saja nilai-nilai Pancasila. Akan tetapi ada kata hati untuk juga tergerak serta mengamalkan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, generasi muda perlu tersu didekatkan dengan elemn-elemen Pancasila. Selain itu, diharapkan pula para generasi muda bisa bangga dengan menjalankan ideologi Pancasila dalam kehidupannya.

Rangkaian Kegiatan Kampanye Digital

Adapaun rangkaian Kegiatan Kampanye Digital ini diwujudkan dalam bentuk berbagai lomba. Lomba tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan kontribusi generasi muda dalam mengaplikasikan semangat jiwa Pancasila. Tentu saja harus sejalan dengan nilai profil pelajar pancasila. 

Selain itu, nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dapat dikenal dan disebarluaskan melalui kegiatan lomba yang digelar. Lomba ini juga diharapkan meningkatkan kemampuan menampilkan artistik dan perspektif yang kreatif. 

Waktu Lomba

Lomba ini  dimulai pada 8 s.d. 26 Juni 2022

Materi Lomba

Materi Lomba atau jenis lomba adalah:

  1. Lomba Mewarnai untuk usia PAUD-SD 
  2. Lomba Kreasi Post Story Instagram mengoptimalkan fitur stiker di Instagram untuk usia SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi, dan masyarakat umum. 

Informasi Lomba

Informasi lebih lanjut tentang lomba ini, silakan diakses melalui Instagram Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI @cerdasberkarakter.kemdikbudri.

Sedangkan info sumber artikel ini, dapat diakses di laman kemdikbud.go.id


Rekomendasi unduhan penting lainnya, baca juga:

Informasi pendidikan, literasi dan sekolah lainnya, direkomendasikan ini:

RPP Lengkap semua Jenjang dan Fase Kurikulum Merdeka

Verval GTK Kemdikbud, Validasi NUPTK

Survey Kesiapan Bersekolah untuk Pengawas, KS, Guru PAUD - SD

Administrasi PAT 2022


Membangun Karakter Berbasis Kearifan Lokal, di sini


RPP dan Perangkat Pembelajaran, UNDUH:

Demikian Informasi tentang Puspeka Kemdikbud: Segera Ikuti Lomba Nasional Mewarnai (PAUD-SD) dan Kreasi Post Story Intagram (SMP-Perguruan Tinggi). Semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "Puspeka Kemdikbud: Segera Ikuti Lomba Nasional Mewarnai (PAUD-SD) dan Kreasi Post Story Intagram (SMP-Perguruan Tinggi)"