Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menulis tanpa Menulis

Bersukurlah kita yang dilahirkan sekitar tahun 70 an. Mengapa? Sebab, generasi tersebut merupakan orang-orang yang merasakan berbagai perubahan. Mereka merasakan serunya menulis dengan mesin ketik manual yang bersuara berisik memecahkan keheningan. Setiap huruf yang diketuk mengeluarkan suara untuk menghasilkan tulisan. Jika terjadi kesalahan, maka harus dihapus menggunakan tipe-x dan diketik ulang. 

sumber gambar: recode.ID

Pengalaman pribadi, ketika masih kuliah, ada teman satu kamar sekaligus kakak senior yang mau lulus harus menyelesaikan sekripsinya. Tak kenal waktu. Siang malam mengetik dan mengetik. Tanpa disadari saya teman satu kamarnya tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Setiap kali terbangun terdengar suara mesin ketik yang sangat mengganggu. Namun, kita tahu bahwa pada waktu itu, mesin ketik menjadi kebutuhan utama. Baik di kantor maupun pribadi.

Seiring dengan berjalannya waktu munculah IBM meluncurkan mesin ketik elektronik yang bisa mengubah pendangan orang tentang mesin ketik yang berisik menjadi lebih tenang. Tak selang berapa lama, mesin ketik juga bisa digunakan pada komputer menggunakan aplikasi word, excel dan lainnya. 

Menulis menjadi lebih mudah beraktivitas menulis. Tidak perlu lagi menghapus menggunakan tipe-x. Pekerjaan menjadi lebih rapi dan tidak berisik. Selanjutnya dengan lompatan teknologi yang sangat cepat kita bisa menggunakan android. 

Bahkan sekarang kita mengetik tidak perlu menggunakan keyboard tapi cukup di dikte saja komputer atau laptop bisa mengetik secara otomatis. Voice note. Ini salah satu yang dikembangkan oleh Fasilitator kita di kelas 301 dan 302 PGP Angkatan 7 yang behasil menyandang gelar Juara 2 pengawas inovatif. 

Nama inovasinya adalah menulis dengan suara yang dikenal dengan Mentul Kislamets yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan para penulis dalam membuat karyanya. Di dalam mentul Kislamets terdapat banyak template yang dapat digunakan untuk membantu dalam membuat karya tulis dengan tanpa menulis.

Aplikasi yang keren.

Post a Comment for "Menulis tanpa Menulis"