Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciptakan Metode Pendidikan Dinamis dan Efektif

Ciptakan Metode Pendidikan Dinamis dan Efektif
BKPRMI Training Guru TK/TPA dan PAUD
 
Sabtu, 4 Januari 2014 - 08:43:56
|
Kaltim
|
Dibaca : 172 Kali
 
TENGGARONG – Staf Ahli Bupati Kukar Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H Otoy Usman membuka training sistem pengajaran dan kurikulum TK/TPA bagi ustaz, ustazah dan guru PAUD se–Kutai Kartanegara di Pendopo Wakil Bupati Kukar di Tenggarong, Sabtu (28/12) lalu. Kegiatan ini digelar oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Cabang Kukar. Otoy Usman mengatakan, pada dasarnya konsep Islam tentang pendidikan, bertujuan memelihara fitrah manusia, mewariskan nilai-nilai dan pembentukan manusia seutuhnya ins?n k?mil yang berdasarkan Alquran dan Hadis Nabi SAW.
Untuk itu, sebut dia, manusia dibekali akal pikiran agar dapat menciptakan metode pendidikan yang dinamis, efektif, dan dapat mengantarkan pada kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Dari informasi BKPRMI sambung dia, sekarang ini lebih 3.000 ustaz-ustazah yang terlibat dalam pengajaran di lembaga pendidikan Alquran tersebut. “Subhanallah, ini luar biasa sekali. Tapi kebanggaan ini tentunya harus kita barengi dengan kualitas SDM yang ada,” katanya.
Untuk itu, Otoy berharap agar BKPRMI sebagai organisasi yang memiliki basis cukup mengakar, dari pengajian rumah ke rumah sampai memiliki lembaga seperti unit-unit TK/TPA untuk terus melakukan pembinaan dan menyeleksi secara tertib berdirinya TK/TPA BKPRMI di Kukar, baik secara administratif maupun aturan yang sudah ada, terutama guru ngajinya.
Karena berdirinya TK/TP Alquran yang menjamur dikhawatirkan mengganggu kualitas anak didik, tanpa adanya aturan yang jelas dan selektif, para pengajar yang tak paham aturan, dikhawatirkan konsep pengembangan SDM Gerbang Raja yang bermoral dan beradab pun tidak tercapai sebagaimana mestinya.
Menurut ketua panitia Syahruddin, kegiatan ini diikuti sebanyak 600 peserta yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidik TK/TPA serta guru PAUD berbasis Alquran. Kedua, untuk membantu pelaksanaan program Gerbang Raja yang beriman dan berakhlakul karimah, khususnya bagi generasi muda Kukar melalui peran para pendidik. Ketiga, sebagai ajang silaturahmi ustaz/ustazah se-Kukar, karena semakin banyak silaturahmi maka muncul ide dan pemikiran dalam menyukseskan program pembangunan SDM yang beriman dan berakhlakul karimah.
Adapun materi yang diberikan meliputi kebijakan Disdik Kukar dalam pembinaan guru PAUD/TKA, Emotional Spiritual Quotion oleh Ir H Awang Yacoub Lukman MM, kurikulum dan pengajaran metode bermain, cerita, dan menyanyi oleh Drs Luqman Hakim, serta kebijakan legislatif dalam pendidikan PAUD berbasis Alquran oleh Sarkowi V Zahry SHut. Acara ditandai dengan penyerahan secara simbolis insentif sebesar Rp 3,6 juta per orang yang diberikan kepada 268 ustaz/ustazah se-Kukar. (hmp04/ibr/k9) sumber

Post a Comment for "Ciptakan Metode Pendidikan Dinamis dan Efektif"