Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MEMBANGUN KARAKTER BERKEARIFAN LOKAL DALAM BINGKAI PENDIDIKAN PERSEKOLAHAN


MEMBANGUN KARAKTER BERKEARIFAN LOKAL DALAM BINGKAI PENDIDIKAN PERSEKOLAHAN



 Ali Harsojo


Abstract Education is programmed to implant the values or cultivate the existing values for human being in order their potential can be developed maximally. The challenges today and in the future are how to put characteristic education as a national power. Education-based characteristic in the school covered in the local wisdom education is very important and strategic in order to build the nation. The local wisdom can function as one of noble values source , and as a filter for the values that come from outside, reduce internal flare-ups and also make the personal identity of the learner stronger as a power to build the militaristic personality. Therefore, this paper is intended to give presentation about how to build local wisdom characteristic education especially in education of schooling Keyword: Character Education, Local Wisdom, Schooling

A. Pendahuluan

Perjalanan zaman yang terus selalu berkembang bukan tanpa pengaruh dari pengalaman dan pendidikan. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi, lahirnya para pakar dan pemikir, berkembangnya berbagai disiplin ilmu, munculnya kemajuan di berbagai bidang, merupakan contoh produk dari pendidikan, baik pendidikan yang diperoleh melalui jalur formal, informal dan non-formal. Pendidikan mulai diarahkan untuk menumbuhkan bakat, minat, kemampuan dan keterampian setiap peserta didik. Pendidikan adalah suatu usaha yang sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik. Pendidikan merupakan upaya mempersiapkan generasi –sebagai generasi pembelajar– bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik pada masa kini dan masa depan. Keberlangsungan itu ditandai oleh pewarisan budaya dan karakter yang telah dimiliki masyarakat generasi pendahulu yang telah tertanam dan membudaya.

Pendidikan dapat diartikan sebagai proses pewarisan budaya dan karakter bangsa bagi generasi muda, dan juga proses pengembangan budaya serta karakter bangsa untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan bangsa di masa mendatang. Sebagaimana dalam pemikiran Kartini Kartono (1992:22), pendidikan adalah proses pembudayaan, proses kultural, atau proses kultivasi untuk mengembangkan semua bakat dan potensi manusia guna mengangkat diri sendiri dan dunia sekitarnya pada taraf human.
.....

Post a Comment for " MEMBANGUN KARAKTER BERKEARIFAN LOKAL DALAM BINGKAI PENDIDIKAN PERSEKOLAHAN"